Jumat, 20 Juli 2012

Tips Menjawab Pertanyaan Anak

Tips Menjawab Pertanyaan AnakSeperti pernah saya posting sebelumnya, bahwa anak batita sangat senang mengulang pertanyaan. Maka seringkali orangtua juga orangtua merasa bosan dengan pertanyaan anak, tapi pernah saya tulis juga , bahwa pertanyaan yang berulang - ulang ini bukan tanpa alasan. Untuk itu kita harus punya cara untuk menngarahkan  dan mendidik pertanyaan anak yang berulang - ulang tersebut. Berikut ini ada beberapa tips dari Dr. Brenda Hussey - Gardner, Ph.D.,M.P.H spesialis perkembangan anak dan juga penulis buku ' Parenting to Make a Differences: Your One to Four Year Child' , yang bisa anda lakukan untuk mengarahkan pertanyaan anak yang berulang tersebut:
  1. Bicaralah dengan anak. Bila anak menanyakan kenapa induk kucing mengigit anaknya, dan Anda sudah menjawab bahwa induk itu bukan mengigit anaknya melainkan menggendong anaknya. Maka itu adalah bahan pembicaraan yang tepat adalah membicarakan tentang induk kucing. Jangan kita malah sibuk membicarkan hal lain , misalnya tempat rekreasi. Sebab untuk saat itu , anak lebih tertarik dengan masalah induk kucing yang mengigit anaknya. Oleh sebab itu pulalah , maka anak sering menanyakan hal itu berulang - ulang.
  2. Kesempatan untuk membenarkan cara pengucapan anak. Ini adalah kesempatan Anda untuk membenarkan bahasa pengucapan anak. Anak batita masih sering kurang pas, misalkan menyebut kura - kura menjadi kula - kula. Jadi saat anak mengulang pertanyaan ini adalah kesempatan Anda untuk membetulkan bahasa atau kata - kata anak yang salah. Tapi jangan secara frontal mengatakan bahasanya salah. Misalnya anak anda menanyakan " napa kula - kula-nya? " Maka jawablah dengan bahasa atau kata - kata yang benar yaitu " oh kura - kura-nya sedang makan."
  3. Berikan Pujian. Pujilah pertanyaan anak , dan lakukan denga tulus. Hal ini membuat anak menjadi bangga. Pujian misalnya " Pertanyaan yang bagus." Lakukanlah ini, walau anak terus mengulang pertanyaan. Ada baiknya memuji anak, baru memberikan jawaban. Dan usahakan jawabanya mengandung point no 2 yaitu kesempatan membenarkan bahasa pengucapan anak.
  4. Bantu anak menyimak. Kesempatan ini bisa kita manfaatkan untuk anak belajar mendengar. Misalkan anak bertanya apa di luar hujan ? Padahal di luar sedang hujan, maka marilah kita mengajaknya untuk mendengarkan suara hujan. Atau bisa juga ditambahkan dengan menyanyikan lagu tik - tik ada hujan di atas genteng. Semuanya bisa anda atur dan sesuaikan dengan pertanyaan yang anda ajukan.
  5. Baca buku. Kesempatan berikutnya adalah mendidik anak gemar membaca. Ketika anak mengajukan pertanyaan , maka ada cara lain yang bisa anda gunakan yaitu mencari jawabannya di buku. Ini memberi kesempatan untuk menumbuhkan minat baca pada anak Anda.Buku - buku di sini haruslah buku anak - anak yang penuh dengan gambar - gambar , jangan buku bacaan yang berat.
Jadi banyak cara dan kesempatan yang tersembunyi saat anak mengajukan pertanyaan yang sama secara berulang - ulang. Kesempatan Anda untuk mendidik anak menjadi cerdas dan kreatif. Semoga artikel ini berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar