Minggu, 22 Juli 2012

Tips Menghadapi Anak Yang Mencuri

Tips Menghadapi Anak Yang Mencuri
Jika anak SD mencuri, maka reaksi orangtua pertama kali adalah marah. Lain halnya kalau anak masih TK, orangtua bisa lebih halus menanggapi kesalahan anak. Mencuri adalah perbuatan yang tidak baik,dan orangtua tidak ingin anaknya menjadi pencuri. Sikap mencuri anak usia  5 - 6 tahun bukan bibit tidak baik yang harus ditakuti. Ada 3 alasan anak melakukan hal itu;
  1. Anak masih sulit mengendalikan dorongan dari dalam dirinya. Kesadaran dan rasa ingin anak sudah berkembang. Anak sadar bahwa mencuri salah, namun rasa ingin memiliki (dorongan) dalam diri ini lebih kuat ketimbang kesadarannya. Maka itu jangan terlalu cepat menghukum dan memarahi anak saat ia mencuri, karena dorongan dalam dirinya masih belum bisa dikendalikannya.
  2. Ingin menyamai teman. Melihat temanya memiliki sesuatu , anak ingin memilikinya. Perasaan tidak ingin kalah dari temannya membuat mereka melakukan hal salah ini.
  3. Ingin punya rahasia. Ada kasus tertentu yang di mana anak ingin memiliki rahasia.
Namun orangtua tidak hanya mendiamkan perbuatan yang salah ini, dan harus dengan cara yang benar dalam menasehati kesalahan itu. Berikut tips untuk memberi tahu anak tentang kesalahannya saat mencuri:
  1. Berkomentar sebiasa mungkin. Jangan dengan marah atau nada kesal.Contoh : "Wah darimana ya mainan ini?" 
  2. Jelaskan kesalahan anak tanpa berbelit - belit. Misalkan " Tidak baik mengambil barang milik orang lain." Dan jangan terlalu memberikan penjelasan yang panjang lebar. Cukup satu kalimat saja untuk memberikan penjelasan.
  3. Sisipkan nilai - nilai positif dengan cara positif. Misalkan " Mencuri itu tidak disukai Allah" ( nilai agama)
  4. Terima perasaan anak. Coba pahami perasaan anak. Anak mencuri, karena ia tidak memiliki mainan yang tidak dipunya di rumahnya. 
  5. Tegaskan pada anak harus memperbaiki keadaan. Minta anak untuk memulangkan kembali barang yang telah diambilnya. 
  6. Bantulah anak untuk menemukan cara agar tidak perlu mencuri lagi. Misalnya anak sangat menyukai benda yang dicurinya, beri tahu padanya lebih baik meminjam atau menabung untuk membeli barang ( mainan )
Cobalah untuk memahami perasaan anak Anda, dan jangan langsung memberi hukuman. Sebab untuk usia 5 -6 tahun , mencuri adalah hal yang masih dianggap wajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar