Kamis, 19 Juli 2012

Tahukah Anda Bahwa Batita Senang Mengulang Pertanyaan ?

Tahukah Anda Bahwa Batita Senang Mengulang Pertanyaan ?Anak Batita yaitu anak Bawah Tiga Tahun , alias anak yang usianya masih di bawah tiga tahun. Anak batita senang sekali mengulangi pertanyaan yang sama secar berulang - ulang. Banyak orangtua yang pada akhirnya merasa bosan dengan pertanyaan anak yang berulang - ulang tersebut. Tak jarang pula banyak anak batita yang suka membuat pertanyaan yang sudah ia ketahui jawabannya. Tapi kita sebagai orangtua, janganlah lekas marah atas pertanyaan yang sama tersebut. Kita harus tahu kenapa anak senang mengulangi pertanyaan tersebut. Menurut Dr. Brenda Hussey - Gardner spesialis perkembangan anak dan juga penulis buku 'Parenting to Make a Difference: Your One to Four Year Old Child', mengatakan ada tiga alasan yang membuat anak mengulangi pertanyaan , yaitu :
  • Menguji pengetahuan dan ingatannya sendiri. Anak sering memberikan pertanyaan yang sama atas alasan untuk menguji daya ingat dari dirinya sendiri.
  • Ingin memberi tahu. Pertanyaan yang diluncurkan dari anaknya , sebenarnya bukan pertanyaan. Melainkan cara si anak untuk memberi tahu orangtuanya atau siapapun, tentang hal yang ingin diberitahukannya. Misal anak menanyakan jam berapa ayah pulang secara berulang - ulang. Itu adalah tanda dari anak untuk memberi tahu bahwa ayahnya akan pulang.
  • Anak ingin kita menanyakan hal yang sama kepadanya. Pertanyaan yang sering dilontarkan anak , adalah karena ingin agar orangtuanya menanyakan itu padanya. Pertanyaan yang dilontarkan kepadanya adalah untuk menguji daya ingat anak ,seperti point alasan no. 1 di atas. Ketika Anda menanyakan pertanyaan itu ke anak , maka anak akan berusaha menjawab pertanyaan itu. Dan anak ingin tahu apa jawabannya itu benar, dan hal itu menunjukkan apakah anak sudah mengingat jawaban yang pernah diberikan kepadanya.
Sebagai orangtua kita harus belajar mengenal anak kita dengan sungguh - sungguh. Sabar aja tidak cukup, sebab saat kesabaran sudah habis, yang timbul kita  menjadi marah. Pengetahuan tentang kebiasaan anak mengulang pertanyaan ini, semoga memberikan anda pengertian dan pemahaman bahwa anak sedang dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar