Minggu, 15 Juli 2012

Mengenali Perangai Bayi

Mengenali perangai seseorang dapat dilihat sejak masa bayi. Kata siapa bayi tidak memilki perangai ? Bayi yang polos dan lugu , ternyata sudah memiliki perangai dalam mensikapi setiap kejadian dan peristiwa. Ada bayi yang sangat rewel , ketika popoknya basah. Ada bayi yang menangis ketika digendong orang lain. Adapula bayi yang sangat familiar dan selalu tersenyum dengan siapa saja. Perangai bayi ini bukanlah suatu hal yang orangtua harus kuatirkan , karena perangai akan berubah sesuai dengan tempaan dan didikan nantinya dalam keluarga. Tapi bukan berarti tidak perduli, dan sudah semestinya kita untuk mengenal perangai anak kita , agar dapat membinanya dan membentuknya menjadi anakyang baik. Mengenali perangai bayi ini akan membantu kita bagaimana cara kita mengasuhnya ataupun mencari pengasuh yang tepat untuk anak kita.
Menurut Carol Ostergen, Ph.D, dari  University of Winconsin – Extension , ada tujuh variable dasar mengenai perangai bayi, yaitu : kemampuan menyesuaikan diri, keteraturan, ketekunan, kemampuan mengalihkan perhatian, kepekaan, tingkat keaktifan, dan kekuatan ekspresi. Ketujuh perangai ini menjadi dasar untuk kita mengenal lebih jauh tentang si buah hati . Di bawah ini akan saya jelaskan mengenai tujuh perangai bayi tersebut :
  1. Adaptasi ( kemampuan menyesuaikan diri) bayi dengan tipe ini memiliki ciri sangat mudah dekat dengan siapapun misalnya tidak mudah nangis bila digendong dengan orang lain, serta mudah akrab dengan orang lain. Ia pun juga mudah menerima segala suasana , diajak ke mana saja tidak rewel , walaupun panas tempatnya, serta sangat mudah menerima makanan apa saja, alias tidak pilih – pillih makanan. Serta senang melakukan sesuatu yang baru dalam setiap permainan atau kegiatannya.
  2. Regularity ( keteraturan) bayi tipe ini sangat sangat teratur dalam hidupnya , ada jam yang tertentu yang menunjukkan bahwa dia harus makan atau tidur, bila tidak bayi ini akan menangis atau rewel. Jadi orangtua harus hafal benar kapan ia biasa tidur dan kapan ia biasa lapar dan ingin makan.
  3. Persistence ( ketekunan) Bayi  tipe ini sangat senang dengan sebuah permainan , ia akan memainkan itu dalam waktu yang sangat lama. Ia tidak akan mudah tergoda dengan permainan yang lain sebelum ia merasa puas akan permainannya itu. Begitu pula dalam hal kehidupan lainnya ia akan tertarik pada suatu hal itu dan terus mengeksplorasi hal baru itu , dan tidak mudah stres atau frustasi karena harus melakukan hal itu. Bayi yang tidak memiliki tipe  ini biasanya mudah frustasi bila ia menemukan kesulitan dalam mengeksplorasi hal itu. Misalnya ketika ia ingin menggapai sebuah mainan , tapi ia tidak bisa menggapainya , maka si bayi mudah marah dan menangis. Bayi yang memiliki ketekunan akan terus berusaha sampai ia berhasil menggapai mainan itu , dan tidak menunjukkan kekesalannya bila ia tidak berhasil menggapainya.
  4. Distractibility ( kemampuan mengalihkan perhatian )Bayi tipe ini akan sangat mudah ditenangkan saat dia rewel. Dengan sedikit  iming –iming mainan atau cara apapun , bayi ini akan cepat diam. Bayi tipe ini akan mudah tertarik dengan mainan baru, jadi bila dia sibuk dengan mainannya , dan Anda memberikan mainan baru , maka si bayi akan terpengaruh untuk mencoba mainan baru yang Anda tawarkan itu.
  5. Sensitive ( kepekaan)Ia sangat mudah rewel ,ketika ngompol atau buang air. Biasanya orang tua akan segera tahu bila si bayi menangis pasti ada sesuatu hal yang membuatnya tidak nyaman. Tidak hanya itu si kecil tipe ini sangat peka bila ada suara gaduh atau bising, dan sangat mudah terbangun bila ada suara bising yang menggangu tidurnya. Bayi ini akan sangat peka dan menangis atau rewel untuk semua hal yang membuatnya tidak nyaman.
  6. Aktivity level ( tingkat keaktifan) Ciri si bayi adalah tidak bisa diam, diam akan terus bergerak dan senang melakukan kegiatan. Orangtua harus ekstra hati – hati jika bayi Anda tipe ini, karena si bayi tidak bisa ditinggal. Bayi ini sangat mudah jatuh bila ditaruh di tempat tidur yang tidak memiliki pelindung atau penutup . Dan si bayi akan mudah menangis bila Anda menaruhnya car seat ( dudukan bayi di mobil ) .
  7. Intensity (kekuatan ekspresi) Bayi tipe ini sangat  mudah rewel. Kadang si bayi rewel  tanpa alasan suatu yang jelas. Dan orang tua harus super mencari tahu apa yang membuatnya rewel. Dan tangisan si bayi biasanya sangat keras dan mudah mengamuk atas sesuatu hal yang membuatnya terusik dan tidak nyaman.
Inilah ketujuh perangai bayi , yang dapat menjadi pedoman Anda bagaimana mengasuh buah hati Anda. Atau dapat menjadi pedoman Anda untuk mencari pengasuh yang tepat sesuai dengan perangai si bayi. Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar